Jelaskan dan sebutkan teknologi MLSI, beserta contoh!
ITSM
berfokus pada proses dan karenanya terkait dan memiliki minat yang sama
dengan kerangka kerja dan metodologi gerakan perbaikan proses (seperti
TQM, Six Sigma, Business Process Management, dan CMMI). Disiplin ini
tidak memedulikan detail penggunaan produk suatu pemasok tertentu atau
detail teknis suatu sistem yang dikelola, melainkan berfokus pada upaya
penyediaan kerangka kerja untuk menstrukturkan aktivitas yang terkait
dengan TI dan interaksi antara personel teknis TI dengan pengguna
teknologi informasi.
Contoh Manajemen Layanan Sistem Informasi pada Perusahaan :
Contoh
dari Manajemen Layanan Sistem Informasi adalah HRIS/Human Resources
Information System. HRIS atau Sumber Daya Manusia Sistem Informasi
adalah perangkat lunak untuk entri data, data pelacakan, dan informasi
data kebutuhan SDM. Hal ini juga memungkinkan HRD untuk menyederhanakan
proses administrasi SDM dan pengelolaan absensi serta penggajian
karyawan secara sistematis dan digital.
Sistem HRIS akan menampilkan database yang terintegrasi dengan berbagai
fitur yang tersedia. Keuntungannya ada HRD memiliki lebih banyak waktu
mengerjakan tugas lainnya. Sistem HRIS juga memudahkan karyawannya untuk
mengajukan cuti atau izin kepada atasannya.
Sebut dan jelaskan strategi design dalam merancang aplikasi manajemen layanan sistem informasi?
Di
dalam bisnis, strategi adalah suatu rancangan untuk membantu suatu
organisasi mengalahkan pesaing nya dan strategi bisnis dapat menciptakan
peluang baru. Meskipun banyak system informasi di bangun untuk
memecahkan masalah, banyak juga yang lain dibangun untuk meraih peluang.
Ada 4 strategi :
o Perspektif: Visi untuk menentukan arah dan tujuan dalam bertahan dalam pasar dunia.
o Position: Memanfaatkan keunikan posisi sebagai dasar untuk berkompetisi.
o Plan: Rencana bagaimana provider layanan akan meraih visinya.
o Pattern: Pola dasar yang dilakukan berulang dalam pengambilan keputusan yang biasanya berdasarkan tema pokoknya.
Desain
Layanan merupakan elemen penting dalam proses perubahan bisnis. Peran
Desain Layanan dalam proses perubahan bisnis dapat didefinisikan sebagai
Desain yang tepat dan inovatif layanan TI, termasuk arsitekturnya,
proses, kebijakan dan dokumentasi, untuk memenuhi kebutuhan sekarang dan
masa depan bisnis yang telah disepakati.
Aspek Utama dari design layanan antara lain :
o Solusi layanan baru atau perubahan.
o Sistem manajemen layanan dan perangkatnya, khususnya Portfolio Layanan.
o Arsitektur teknologi dan sistem manajemen.
o Proses, peran dan kemampuan.
o Metode pengukuran dan satuan.
0 komentar:
Posting Komentar