Minggu, 13 September 2015

Manajemen Bandwidth menggunakan PCQ

  1. Pertama, masuklah ke firewall
  1. Lalu akan muncul tab seperti ini. Setelah itu pilihlah tab “Mangle”, lalu klik tanda “+”.
  1. Dan disini saya menggunakan port game Point Blank.
  1. Lalu pilih tab “Action”, di “Action” gantilah menjadi “mark connection”, dan di “New Connection Mark” kasih nama seterah anda.
  1. Dan inilah hasilnya setelah semua port game Point Blank sudah dimasukkan.
  1. Lalu sekarang kita akan menambahkan mangle untuk “Paket-Game”.
  1. Dan akan muncul tab seperti ini. Disini isilah “Connection Mark” dengan “koneksi_game” atau mark connection yang sudah kita buat tadi.
  1. Lalu pergi ke tab “Action”, di bagian “Action” isilah “mark packet”, di “New Packet Mark” isilah namanya seterah dan unceklist juga “Passthrough”-nya.
  1. Dan sekarang kita akan menambahkan mangle untuk browsing. Disini yang saya isi hanya “Src. Address” saja.
  1. Lalu pergilah ke “Action”, di “Action” isilah “mark connection”, dan di “New Connection Mark” isilah “koneksi_browsing”.
  1. Sekarang menambahkan mangle paket untuk browsing. Dan di “Connection Mark” isilah “koneksi_browsing” atau nama yang sudah di buat tadi.
  1. Lalu pada tab “Action”, di “Action” masukkan “mark packet”, di “New Packet Mark” isikan namanya seterah apa saja dan unceklist juga “Passthrough”-nya.
  1. Dan inilah hasilnya.

Setting Bandwith Menggunakan PCQ
  1. Lalu sekarang masuklah ke “Queues”.
  1. Lalu masuklah ke tab “Queue Types”, dan klik tanda “+”.
  1. Lalu disini kita membagi paket bandwidth, Type Name kasih nama seterah kalian, Kind : pcq.*Alert sebenarnya yang di ceklist adalah Src. Address bukannya Dst. Address.
  1. Disini membagi untuk paket download.
  1. Lalu setelah PCQ selesai, masuklah ke tab Queue Tree, dan klik tanda “+”.
  1. Dan disini tambahkan bandwidth untuk Game-Download. Disini Parent-nya adalah ether2, Packet Marks : Paket-Game, Queue Type : paket-download dan Max Limit : 2M.
  1. Disini menambahkan bandwidth untuk Game-Upload.
  1. Disini menambahkan bandwidth untuk Browsing-Download.
  1. Dan terakhir tambahkan bandwidth untuk Browsing-Upload.
  1. Dan ini hasilnya.
  1. Sesudah itu lakukan speedtest di Client 1.
  1. Dan ini jika dilakukan speedtest berbarengan atau Client 1 dan 2 melakukan speedtest bareng.
   
  1. Dan, lihat juga di MikroTik-nya, ketika sedang melakukan speedtest Brows-Download akan berwarna merah yang tandanya itu berhasil kita lakukan.
  1. Dan ini jika anda sedang bermain game lihatlah di Game-Download dan Game-Upload.
 
Copyright © : Rian Budi H.| XII TKJ A

Related Posts:

  • [LAB 1] Introduce Mikrotik (Pengenalan Mikrotik) Tujuan Pembelajaran Untuk Mengetahui sejarah MikroTik Untuk Mengetahui penamaan RouterBoard pada MikroTik Sejarah MikroTik Tahun 1996 John dan Arnis memulai dengan sistem Linux dan MS DOS yang dikombinasikan dengan t… Read More
  • [LAB 4] Enable, Disable, and Uninstall IPv6 MikroTik Learning Objectives (Tujuan Pembelajaran) To know enable IPv6 on Winbox (Untuk Mengetahui mengaktifkan IPv6 di Winbox). To know disable IPv6 on Winbox (Untuk Mengetahui meng-nonaktifkan IPv6 di Winbox). To know Uninst… Read More
  • [LAB 3] Remote Access MikroTik Learning Objectives To know how to change the MikroTik RouterBoard IP using GUI (Graphical User Interface) and CLI (Command Line Interface) at Winbox. To know how to use a remote Telnet with CMD on the client. To know h… Read More
  • [LAB 10] Backup and Restore Configuration Topology / Topologi Tabel Addressing / Tabel Address Learning Objectives / Tujuan Pembelajaran To know how to backup and restore configurations, via binary file without a password and use the password.… Read More
  • [LAB 2] Installation MikroTik With GNS 3 Versi 0.8.6 Tujuan Pembelajaran Untuk mengetahui Instalasi MikroTik dengan GNS 3 versi 0.8.6 Untuk mengenal lebih jauh GNS 3 Konsep Dasar GNS3 adalah simulator jaringan berbasis grafis untuk pembuatan simulasi … Read More

0 komentar:

Posting Komentar