Sabtu, 07 April 2018

Strategi dan Desain Manajemen Layanan Sistem Informasi berbasis Web [Pertemuan 2]

Untuk tugas kali ini saya akan membahas tentang "Strategi & Desain Manajemen Layanan Sistem Informasi berbasis Web". Setiap orang yang mempunyai web untuk tujuan berbisnis atau membantu layanan masyarakat pastinya ingin merasa bermanfaat untuk para pelanggan ataupun orang lain yang memakainya. Ada 4 strategi umum layanan :
  1. Perspektif
  2. Position
  3. Plan
  4. Pattern
Mengapa desain layanan itu penting ? Karena desain layanan bertujuan untuk mengambil langkah yang diperlukan untuk memastikan bahwa layanan akan melakukan seperti yang direncanakan. Disini ada 5 aspek individu dalam desain layanan :
  1. Solusi layanan baru atau perubahan
  2. Sistem manajemen & layanan perangkatnya
  3. Arsitektur teknologi & sistem manajemen
  4. Proses, peran & kemampuan
  5. Metode pengukuran & satuan
Nah, gimana kalau Strategi dalam berbasis web sendiri ?. Ada 6 bagian dari strategi dalam sebuah desain web :
  1. Menetapkan tujuan sebuah web
    Pastikan client memiliki tujuan untuk apa web itu berjalan dan digunakannya di sektor mana saja.
  2. Identifikasi target yang melihat
    Ada beberapa aspek desain yang akan mempengaruhi desain web tersebut seperti : umur, jenis kelamin, profesi, dan kompetensi
  3. Menentukan brand dari sebuah web
    Memikirkan warna, perasaan yang akan disampaikan semestinya harus memberikan kekuatan untuk brand web tersebut.
  4. Tujuan akhir desain
    Tujuan utama ada 3 :
      • Persingkat text, jangan gunakan bahasa terlalu detail.
      • Perjelas tombol/kolom, contohnya : kolom "pendaftaran" dengan warna atau gambar khusus sehingga gampang ditemukan.
      • Persingkat item-item registrasi, untuk calon pendaftar hanya mengisi bagian yang penting-penting saja, kalau untuk detailnya di dalam selesai mendaftar.
  5. Tool Analisis target
    Jika anda memakai blogger maka untuk mengecek pengujung dengan mengeceknya di RSS Statistik.
  6. Kaizen
    Sebenarnya ini dari bahasa jepang yaitu : Kai artinya perubahan Zen artinya baik. Ketika bekerja dalam dunia per-weban, kita harus berpikir bahwa yang sudah terpublish tidak ada versi finalnya. Kita akan melakukan perbaikan terus-menerus sampai tidak ada celah bug lagi.

Contoh Desain layanan berbasis web. Saya mengambil Web "Book My Show" yang berguna untuk melihat atau memesan tiket film berbasis online. Di web tersebut hampir menyediakan beberapa bahasa tidak hanya bahasa indo saja. Dan juga bukan hanya tiket film ada juga tiket nonton konser dsb.
Tampilan Home dari "Book My Show"

Tampilan menu "Movies". Disini kalian bisa memilih bahasa, genre dan formatnya.

Tampilan menu "Events". Disini untuk melihat konser apa saja yang ada Indonesia maupun luar negeri.

Tampilan menu "Family". Disini anda bisa memesan tiket jauh-jauh hari sebelum masuk ke taman hiburan yang anda inginkan.

Tampilan menu "Trailers". Disini anda melihat trailers dari film favorit anda, bisa di sortir berdasarkan bahasa dan genre.

Tampilan menu "Cinemas". Ini yang bekerja sama dengan "Book My Show" bioskop mana saja yang ada.

Referensi :
  • http://andreasandiyana.blogspot.com/2016/03/manajemen-layanan-sistem-informasi.html
  • http://ilmukomputer.org/2009/02/17/strategi-design-web-sukses/
  • https://id.bookmyshow.com/


Minggu, 11 Maret 2018

Manfaat Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Manajemen Layanan Sistem Informasi [Pertemuan 1]


Tugas kali ini adalah "Manfaat Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Manajemen Layanan Sistem Informasi". Jadi menurut saya da menurut google manfaat meningkatkan Manajemen Layanan Sistem Informasi :
    • Memudahkan untuk mengidentifikasi kebutuhan yang dibutuhkan dan juga menerampilkan pendukung dalam Sistem Informasi.
    • Menambah kecepatan akses data yang disajikan.
    • Memudahkan suatu pekerjaan.

Contohnya seperti CAD/Computer Aided Design :
Nah, contohnya seperti CAD dengan adanya CAD ini bisa memudahkan untuk mendesain bentuk yang akan di produksi. CAD ini adalah suatu program komputer untuk menggambar suatu produk atau bagian suatu produk. Produk yang ingin digambarkan bisa diwakili oleh garis atau simbol. CAD bisa berupa gambar 2 dimensi atau 3 dimensi.

CAD ini juga banyak contohnya seperti :
Nah dengan adanya CAD ini juga lebih memudahkan pekerjaan seseorang Arsitek, Engineer, Drafter, Marketing, dll. Dengan aplikasi ini juga gambar udah nggak buang-buang kertas cukup dari komputer atau pc kalian bisa mendesain yang kalian mau. Di dunia industri sendiri CAD ini mempunyai peran vital, dengan CAD kesalahan dalam proses pembuatan bisa diminimalkan.

Sumber :
    • https://manggalahesthawa.wordpress.com/2017/03/19/pengertian-manfaat-dan-peranan-manajemen-layanan-sistem-informasi-bagi-lingkungan-sekitar/
    •  https://id.wikipedia.org/wiki/CAD
    •  https://dendyoktavianto23.wordpress.com/2016/03/27/peranan-teknologi-sistem-informasi-dalam-kaitannya-dengan-bisnis-industri/
    • https://cadnest.blogspot.com/2016/12/pengertian-cadcamdan-cae-lengkap.html

Sabtu, 10 Maret 2018

Macam-Macam Manajemen Layanan Sistem Informasi [Pertemuan 1]

Di tugas kali ini saya akan membahas "Macam-Macam Manajemen Layanan Sistem Informasi". Apa sih ITSM/Manajemen Layanan Sistem Informasi ? ITSM adalah kepanjangan dari Information Technology Service Management atau dalam bahasa indo-nya Manajamen Layanan Sistem Informasi/Teknologi Informasi. Nah, Manajemen Layanan Sistem Informasi adalah suatu metode pengelolaan sistem informasi(SI) yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan terhadap bisnis.

Manajemen Layanan Sistem Informasi berfokus pada proses dan memiliki minat yang sama dengan kerangka kerja dan metodologi gerakan perbaikan proses seperti :
Disiplin tidak memedulikan detail penggunaan produk suatu pemasok tertentu atau detail secara teknis suatu sistem, melainkan fokus pada penyediaan kerangka kerja untuk menstrukturkan aktivitas yang tekait sistem informasi.

Contoh Manajemen Layanan Sistem Informasi pada Perusahaan :
Contoh dari Manajemen Layanan Sistem Informasi adalah HRIS/Human Resources Information System. HRIS atau Sumber Daya Manusia Sistem Informasi adalah perangkat lunak untuk entri data, data pelacakan, dan informasi data kebutuhan SDM. Hal ini juga memungkinkan HRD untuk menyederhanakan proses administrasi SDM dan pengelolaan absensi serta penggajian karyawan secara sistematis dan digital.


Sistem HRIS akan menampilkan database yang terintegrasi dengan berbagai fitur yang tersedia. Keuntungannya ada HRD memiliki lebih banyak waktu mengerjakan tugas lainnya. Sistem HRIS juga memudahkan karyawannya untuk mengajukan cuti atau izin kepada atasannya.

Sumber :
    • https://www.karyaone.co.id/blog/apa-itu-hris/
    • https://hrisproint.wordpress.com/2011/08/22/apa-itu-hris-human-resources-information-system/
    • https://id.wikipedia.org/wiki/ITSM
    • https://naufalakmalfauzi.wordpress.com/2017/03/17/manajemen-layanan-sistem-informasi/