Minggu, 11 Maret 2018

Manfaat Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Manajemen Layanan Sistem Informasi [Pertemuan 1]


Tugas kali ini adalah "Manfaat Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Manajemen Layanan Sistem Informasi". Jadi menurut saya da menurut google manfaat meningkatkan Manajemen Layanan Sistem Informasi :
    • Memudahkan untuk mengidentifikasi kebutuhan yang dibutuhkan dan juga menerampilkan pendukung dalam Sistem Informasi.
    • Menambah kecepatan akses data yang disajikan.
    • Memudahkan suatu pekerjaan.

Contohnya seperti CAD/Computer Aided Design :
Nah, contohnya seperti CAD dengan adanya CAD ini bisa memudahkan untuk mendesain bentuk yang akan di produksi. CAD ini adalah suatu program komputer untuk menggambar suatu produk atau bagian suatu produk. Produk yang ingin digambarkan bisa diwakili oleh garis atau simbol. CAD bisa berupa gambar 2 dimensi atau 3 dimensi.

CAD ini juga banyak contohnya seperti :
Nah dengan adanya CAD ini juga lebih memudahkan pekerjaan seseorang Arsitek, Engineer, Drafter, Marketing, dll. Dengan aplikasi ini juga gambar udah nggak buang-buang kertas cukup dari komputer atau pc kalian bisa mendesain yang kalian mau. Di dunia industri sendiri CAD ini mempunyai peran vital, dengan CAD kesalahan dalam proses pembuatan bisa diminimalkan.

Sumber :
    • https://manggalahesthawa.wordpress.com/2017/03/19/pengertian-manfaat-dan-peranan-manajemen-layanan-sistem-informasi-bagi-lingkungan-sekitar/
    •  https://id.wikipedia.org/wiki/CAD
    •  https://dendyoktavianto23.wordpress.com/2016/03/27/peranan-teknologi-sistem-informasi-dalam-kaitannya-dengan-bisnis-industri/
    • https://cadnest.blogspot.com/2016/12/pengertian-cadcamdan-cae-lengkap.html

Sabtu, 10 Maret 2018

Macam-Macam Manajemen Layanan Sistem Informasi [Pertemuan 1]

Di tugas kali ini saya akan membahas "Macam-Macam Manajemen Layanan Sistem Informasi". Apa sih ITSM/Manajemen Layanan Sistem Informasi ? ITSM adalah kepanjangan dari Information Technology Service Management atau dalam bahasa indo-nya Manajamen Layanan Sistem Informasi/Teknologi Informasi. Nah, Manajemen Layanan Sistem Informasi adalah suatu metode pengelolaan sistem informasi(SI) yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan terhadap bisnis.

Manajemen Layanan Sistem Informasi berfokus pada proses dan memiliki minat yang sama dengan kerangka kerja dan metodologi gerakan perbaikan proses seperti :
Disiplin tidak memedulikan detail penggunaan produk suatu pemasok tertentu atau detail secara teknis suatu sistem, melainkan fokus pada penyediaan kerangka kerja untuk menstrukturkan aktivitas yang tekait sistem informasi.

Contoh Manajemen Layanan Sistem Informasi pada Perusahaan :
Contoh dari Manajemen Layanan Sistem Informasi adalah HRIS/Human Resources Information System. HRIS atau Sumber Daya Manusia Sistem Informasi adalah perangkat lunak untuk entri data, data pelacakan, dan informasi data kebutuhan SDM. Hal ini juga memungkinkan HRD untuk menyederhanakan proses administrasi SDM dan pengelolaan absensi serta penggajian karyawan secara sistematis dan digital.


Sistem HRIS akan menampilkan database yang terintegrasi dengan berbagai fitur yang tersedia. Keuntungannya ada HRD memiliki lebih banyak waktu mengerjakan tugas lainnya. Sistem HRIS juga memudahkan karyawannya untuk mengajukan cuti atau izin kepada atasannya.

Sumber :
    • https://www.karyaone.co.id/blog/apa-itu-hris/
    • https://hrisproint.wordpress.com/2011/08/22/apa-itu-hris-human-resources-information-system/
    • https://id.wikipedia.org/wiki/ITSM
    • https://naufalakmalfauzi.wordpress.com/2017/03/17/manajemen-layanan-sistem-informasi/

Jumat, 15 Desember 2017

Tugas Inovasi & New Technology [Pertemuan 4]

Di tugas kali ini saya akan membahas Game Engine. Apa sih itu Game Engine ? Game Engine adalah sistem perangkat lunak untuk menciptakan dan pengembangan video game, fungsi Game Engine yaitu sebagai mesin renderer 2D/3D, suara, script, animasi, bot/kecerdasan buatan, pengaturan grafik. Game engine itu banyak dipasaran contohnya adalah :

  •  Cry Engine
    CryEngine adalah buatan dari Crytek, CryEngine direlease pada 2 May, 2002. CryEngine dibuat di C++, Lua, C#, dan platform yang didukung oleh CryEngine adalah Microsoft Windows, Linux, Playstation 3&4, Wii U, Xbox 360 & One, IOS, Android. Versi terbaru dari CryEngine adalah CryEngine V yang dibuat 22 Maret 2016. Game yang berhasil diciptakan menggunakan CryEngine adalah Crysis Series, Far Cry 2, Sniper : Ghost Warrior 2.

  • Unreal Engine

    Unreal Engine buatan dari Epic Games, di release pada tahun 1998. ditulis di dalam bahasa C++, dan platform yang didukung Unreal Engine adalah Microsoft Windows, MacOS, Linux, SteamOS, IOS, Android, Nintendo Switch, Playstation 4, Xbox One, dan Virtual Reality. Versi terbaru dari Unreal Engine adalah Unreal Engine 4. Game yang berhasil diciptakan antara lain : Fornite, Battle Royale, Bioshock, dll.

  • Frostbite Engine

    Frostbite Engine buatan dari EA DICE(Digital Illusions CE). Ditulis dalam bahasa C++, C#, IronPyhton, Lua, dan platform yang didukung Frostbite Engine adalah Microsoft Windows, Playstation 3 & 4, Xbox 360 & One. Versi terbaru dari Frostbite Engine adalah Frostbite 3. Game yang berhasil diciptakan antara lain : Battfield Series, FIFA 18, Need For Speed : Payback, Star Wars Battlefront 2.

Nah diatas tadi contoh dari engine-engine terkenal. Nah, disini saya akan membahas Anvil. Apa sih Anvil ? Anvil adalah sebuah Game Engine besutan Ubilembu eh salah Ubisoft maksudnya, lebih tepatnya dibuat oleh Ubisoft Montreal dibuat tahun 2007 dan nama sebelumnya bukan Anvil tetapi Scimitar (2007), jadi tahun 2009 itu baru ganti nama menjadi Anvil.

Anvil ini dibuat menggunakan bahasa C++, C#. Platforn yang didukung oleh Anvil antara lain : Microsoft Windows, Nintendo Switch, Playstation 3, Playstation 4, Playstation Vita, Wii U, Xbox 360, Xbox One. Dan lisensi ini dipegang oleh Ubisoft sendiri, lisensinya bersifat Proprietary.

Fitur-fitur yang ada di Anvil Engine, nah dengan Anvil engine ini Ubisoft bisa mencitapkan game yang lebih banyak interaksi dengan lingkungan sekitar gamenya, cuaca dan iklim, dan AL yang cerdas.

Apalagi dengan kehadrian AnvilNext 2.0, di engine yang terbaru ini, Ubisoft menjelaskan bahwa engine terbaru ini dapat membangun dunia yang lebih kompleks. Engine ini diklaim hadir dengan fitur Advanced reflection mapping, HDR Graphic, volumetric lightning and fog, yang mana kesemuanya didesain untuk menghasilkan efek dramatis. Untuk detail wajahnya juga semakin bagus dengan engine terbaru ini.

Game-game yang berhasil diciptakan melalui Anvil Engine adalah :
    • Scimitar (2007)
      • Assassin's Creed (2007).
      • Prince Of Persia (2008).
      • Shaun White Snowboarding (2008).
    • Anvil (2009)
      • Assassin's Creed II (2009).
      • Prince of Persia : The Forggoten Sands (2010).
      • Assassin's Creed : Brotherhood (2010).
      • Assassin's Creed : Revelations (2011).
    • AnvilNext (2012)
      • Assassin's Creed III (2012).
      • Assassin's Creed III : Liberation (2012).
      • Assassin's Creed IV : Black Flag (2013).
      • Assassin's Creed Rogue (2014).
    • AnvilNext 2.0 (2014)
      • Assassin's Creed Unity (2014).
      • Assassin's Creed Syndicate (2015).
      • Tom Clancy's Rainbow Six Siege (2015).
      • Steep (2016).
      • For Honor (2017).
      • Tom Clancy's Ghost Recon Wildlans (2017).
      • Assassin's Creed Origins (2017).