Jumat, 05 Oktober 2012

Xavi Hernandez, Pesepakbola Spanyol Tersukses Sepanjang Sejarah


xavi-hernandez-pesepakbola-spanyol-tersukses-sepan














Xavi Hernandez sebagai salah satu pemain andalan timnas Spanyol sukses mencatat rekor fantastis dengan 23 trofi sepanjang karirnya. Kemenangan timnas Spanyol di ajang Euro Polandia-Ukraina kemarin membuat Xavi Hernandez melampaui rekor yang pernah ditorehkan Paco Gento. Sebelumnya, Gento telah mengukirkan namanya sebagai pemain bola Spanyol yang mampu mengangkat trofi terbanyak sepanjang sejarah. Mantan pemain pemain Real Madrid dan Racing Santander ini telah merasakan 22 kali gelar juara di lima ajang berbeda.

Raihan 23 gelar yang dibukukan Xavi terasa lebih dahsyat. Pasalnya, semua trofi yang mampu ia angkat tersebut, diraihnya dari delapan kompetisi berbeda: 6 gelar La Liga, 3 Liga Champions, 2 Copa del Rey, 2 Super Cup, 5 Super Eropa, 2 Piala Dunia antar Klub bersama Barcelona FC, serta 1 gelar piala dunia dan 2 Piala Eropa bersama timnas Spanyol.

Catatan impresif ini masih dilengkapi dengan torehan yang memukau bersama Barcelona Bergabung bersama tim senior Barcelona di tahun 1998, Xavi muda hanya mampu mengoleksi dua gelar selama tujuh tahun. Akan tetapi,tujuh tahun berikutnya, kapten Barca ini langsung menambah pundi-pundi gelarnya.

Gelar Xavi mulai bertambah ketika pelatih asal Belanda Frank Rijkaard datang ke klub asal kota Cataluna ini. Meski hanya lima musim, Rijkaard mampu membuat nama Barcelona melambung tinggi.Akan tetapi, Josep Guardiola lah yang berperan sangat besar dalam karir Xavi. 14 gelar mampu ia persembahkan kepada Barcelona dan menggenapi catatan pemain kuncinya itu menjadi 20 gelar di level klub. Perbandingan14 gelar tersebut menjadi sangat tinggi jika dibandingkan dengan 19 kemungkinan gelar yang mampu didapatkan.

0 komentar:

Posting Komentar